Muhammad Ahmad Hussein

Muhammad Ahmad Hussein. (Foto: Net)

MOESLIM.ID | Muhammad Ahmad Hussein adalah petahana Mufti Agung Yerusalem. Ia diangkat pada Juli 2006 oleh Mahmoud Abbas, Presiden Otoritas Nasional Palestina.

Abbas mengangkat Hussein sebagai penerus langsung Ekrima Sa’id Sabri, yang dilaporkan dicopot dari jabatannya karena popularitasnya yang semakin meningkat di tengah ekspresi terbuka mengenai pandangan politik yang sangat kontroversial dan pemaafannya terhadap kekerasan dalam konflik di Palestina.

Sebelum terpilih untuk posisi tersebut, Hussein adalah imam dan penjaga Al Aqsa. Ia ditunjuk sebagai Mufti Agung Yerusalem oleh Mahmoud Abbas untuk menggantikan Ekrima Sa’id Sabri, dilaporkan dengan harapan bahwa Hussein akan menghindari kontroversi dan membesar-besarkan diri sendiri, berbeda dengan sikap Sabri yang lebih militan.

Baca Juga:  Fachrul Razi

Pada bulan Oktober 2006, tiga bulan setelah pengangkatannya sebagai Mufti Agung Yerusalem, Hussein mengungkapkan pendapatnya tentang bom bunuh diri Palestina terhadap zionis Yahudi, dengan menyatakan: “Tentu saja sah, asalkan berperan dalam perlawanan”.

Pada tanggal 8 Mei 2013, Hussein ditahan oleh otoritas Yahudi atas dugaan hubungannya dengan kerusuhan di Temple Mount.