Rana Dajani

Rana Dajani. (Foto: Net)

MOESLIM.ID | Rana Dajani adalah ahli biologi molekuler Palestina-Yordania dan profesor biologi dan bioteknologi tetap di Universitas Hashemite, Zarqa, Yordania. Dia memperoleh gelar Ph.D. dalam biologi molekuler dari University of Iowa.

Penelitiannya yang paling terkenal di dunia adalah berkontribusi dalam proyek untuk meneliti genetika populasi orang-orang etnis Adighe dan suku Chechnya di Yordania.

Karyanya dalam penelitian sel induk memprakarsai pengembangan Hukum Etika Penelitian Sel Punca dan seluruh peraturan di Yordania. Dia adalah pendukung teori evolusi biologis dalam kaitannya dengan agama Islam, dan sangat percaya pada pendidikan dan pemberdayaan perempuan, menjadi anggota Dewan Penasihat Perempuan Yordania PBB.

Baca Juga:  Talal Yassine

Dia adalah penerima Ordo Al Hussein Yordania untuk Kontribusi Terhormat Kelas Kedua. Rana cukup vokal terkait topik yang berhubungan dengan evolusi dan biologi molekuler melalui seminar serta talkshow.

Dajani lahir dari ayah Palestina dan ibu Suriah, namun dia memegang paspor Yordania. Rana dibesarkan di Amerika Serikat lalu di umur sembilan tahun pindah ke Yordania.