Kerusakan Akibat Meninggalkan Amar Ma’ruf Nahi Munkar

Ilustrasi pemusnahan miras. (Foto: Net)

MOESLIM.ID | Menegakkan amar ma’ruf dan nahi munkar mengandung banyak kemaslahatan bagi umat manusia di dunia maupun di akhirat.

Begitu pula sebaliknya, meninggalkan amar ma’ruf dan nahi munkar akan menimbulkan berbagai kerusakan yang dapat menghilangkan ketentraman dan kedamaian dalam kehidupan.

Hal ini adalah salah satu tanda akan besarnya kasih-sayang Allah Subhanahu wa Ta’ala kepada para hamba-Nya, karena Allah memperingatkan mereka dari hal-hal yang membahayakan agama, dunia dan terlebih akhirat kelak.

Bentuk kerusakan yang timbul akibat meninggalkan amar ma’ruf dan nahi munkar yaitu para pelaku maksiat dan dosa akan semakin merajalela untuk terus melakukan perbuatan dosanya, sehingga sedikit demi sedikit akan hilang kebenaran di tengah-tengah umat manusia.

Baca Juga:  Wow! Pahala Menshalati Jenazah Sebesar Gunung Uhud

Jika maksiat terus merajalela, maka keburukan dan kekejian akan terus bertambah dan pada akhirnya tidak mungkin lagi untuk dihilangkan.

Kerusakan lainnya yang timbul akibat meninggalkan amar ma’ruf dan nahi munkar akan membuat perbuatan dosa seolah-olah dianggap baik dan indah di mata manusia, kemudian mereka pun akan menjadi pengikut para pelaku maksiat, ini adalah bencana yang paling besar.