Mengunjungi Universitas Islam Madinah di Dekat Masjid Nabawi

MOESLIM.ID | Madinah adalah salah satu kota yang berada di negara Arab Saudi. Umat Islam sering mengunjungi kota tersebut untuk keperluan ibadah, yaitu haji dan umroh. Akan tetapi, banyak juga masyarakat umum yang mendatangi Madinah selain untuk tujuan di atas. Salah satu tujuan lainnya adalah untuk menuntut ilmu.

Di Madinah, terdapat sebuah universitas yang berjarak sekitar 7 sampai 10 kilometer dari Masjid Nabawi yang bernama Islamic University of Medina atau yang bisa disebut Universitas Islam Madinah.

Dilansir dari ppmimadinah.org, Universitas Islam Madinah didirikan melalui keputusan raja yang dibuat bersamaan dengan peraturan kursi permusyawaratan tertinggi keuniversitasan. Kegiatan belajar mengajar di universitas ini pertama kali dilakukan pada hari Ahad, 2 Jumadil Akhir tahun 1341 H.

Salah satu tujuan didirikannya universitas ini adalah membekali seluruh penuntut ilmu yang datang dari penjuru dunia agar nantinya bisa menjadi ulama-ulama spesialis di bidang ilmu Islam. Hal ini dibuktikan dengan banyaknya mahasiswa dunia, tanpa terkecuali dari Indonesia yang berkuliah di sana.

Alasan ini tidak mengherankan karena seperti yang dijelaskan dalam akun Facebook PPMI Madinah adalah bahwa biaya kuliah sebagian besar mahasiswa asing yang belajar di universitas ini adalah gratis dan bahkan ditanggung biaya hidupnya serta tiket pesawat pergi dan pulangnya.