Raudhah, Taman Surga yang Ada di Masjid Nabawi

MOESLIM.ID | Raudhah adalah sebuah tempat yang berada dalam Masjid Nabawi di Madinah. Tepatnya berada di antara rumah yang kini jadi makam Rasulullah Shallallahu alaihi wasallam dengan mimbar yang beliau gunakan untuk berdakwah. Luasnya kurang lebih 330 meter persegi.

Raudhah memiliki kedudukan yang mulia, di mana dahulu merupakan tempat Rasulullah membacakan wahyu dan mengajarkan Islam di depan para sahabat terdekatnya. Mengingat besarnya makna tempat tersebut, Rasulullah Shallallahu alaihi wasallam menyebutnya sebagai taman Surga.

Raudhah secara bahasa adalah taman. Bagi umat Islam yang hadir di Raudhah, maka disyariatkan untuk memperbanyak ibadah sunnah seperti shalat, dzikir dan membaca Al Qur’an, dengan syarat bisa khusyu dan tidak menyakiti orang lain saat berada disana maupun saat menuju kesana. Adapun untuk shalat wajib, shaf-shaf yang ada di depan Raudhah lebih utama.

Baca Juga:  Bolehkah Memakai Pampers Ketika Ihram Haji atau Umrah?

Rasulullah Shallallahu alaihi wasallam bersabda:

مَا بَيْنَ بَيْتِي وَمِنْبَرِي رَوْضَةٌ مِنْ رِيَاضِ الجَنَّةِ

“Diantara rumahku dan mimbarku adalah salah satu di antara taman-taman Surga”. (HR. Bukhari no. 1195 dan Muslim no. 1390)

Dalam riwayat Thabrani di Al Mu’jam Al Ausath no. 3112, Rasulullah Shallallahu alaihi wasallam menjelaskan bahwa yang rumah yang dimaksud adalah rumah Aisyah Radhiyallahu anhuma, yakni rumah tempat Beliau Shallallahu alaihi wasallam wafat dan sekarang menjadi tempat kubur Beliau Shallallahu alaihi wasallam.

Baca Juga:  Kisah Pemuda Magelang Berangkat Haji Naik Sepeda Onthel

Riwayat ini menjelaskan rumah yang di maksud, karena Beliau Shallallahu alaihi wasallam memiliki beberapa rumah di sekitar Masjid Nabawi dan masing-masing ditinggali oleh para isteri Beliau Shallallahu alaihi wasallam.

Ibnu Hajar rahimahullah menyebutkan tiga penafsiran untuk hadits ini, yaitu: Tempat ini seperti taman Surga, dalam ketenangan dan kedamaian yang didapati orang yang memasukinya. Beribadah di tempat ini akan membuat pelakunya masuk Surga. Tempat ini akan dipindah ke Surga dan menjadi salah satu tamannya di akhirat kelak. (Fathul Bari: 4/100).(bbs)

Baca Juga:  Pahala Umrah Bulan Ramadan Seperti Haji Bersama Rasulullah