Hikmah Dibalik Kisah-Kisah Sejarah Dalam Al Qur’an

Hikmah dibalik kisah-kisah sejarah dalam Al Qur'an. (Foto: Net)

MOESLIM.ID | Al Quran adalah petunjuk bagi manusia, semua yang disampaikan di dalamnya merupakan pesan dan nasihat-nasihat sehingga menjadi suatu kesatuan yang tidak terpisahkan dalam membentuk pribadi manusia dari dahulu sampai dengan sekarang.

Diantara metode Al Quran dalam menyampaikan pesan dan nasehat adalah melalui kisah. Al Quran membawakan banyak sekali kisah, baik berkenaan dengan perjalanan para Nabi dan Rasul juga berbagai peristiwa yang terjadi antara mereka dengan orang-orang yang beriman maupun orang-orang yang kafir.

Baca Juga:  Talak Tiga Dalam Sekali Ucapan, Bagaimana Hukumnya?

Selain itu juga berkenaan dengan kisah sejumlah orang atau kelompok, seperti kisah Maryam, Luqman, Dzulqarnain, Qarun, pemuda al-Kahfi, tentara gajah, orang-orang yang dilemparkan ke dalam parit api dan kisah-kisah lainnya.

Kisah atau cerita yang benar adalah salah satu metode yang sangat menyenangkan dan menyentuh hati untuk menjadi sarana menumbuhkan iman. Kisah-kisah dalam Al Quran itu sarat dengan pesan dan nasihat, baik secara tersurat maupun tersirat.

Kisah-kisah dalam Al Quran merupakan kisah paling benar sebagaimana disebutkan dalam firman Allah Subhanahu wa Ta’ala:

Baca Juga:  Larangan Meniup dan Bernafas Pada Gelas Minuman

وَمَنْ أَصْدَقُ مِنَ اللَّهِ حَدِيثًا

“Dan siapakah yang lebih benar perkataannya dari pada Allah?”. (QS. An Nisa: 87)

Demikian pula semua kisah dan cerita yang ada dalam Al Quran adalah benar dan haq, karena menceritakan realita yang terjadi tanpa ada pengurangan dan penambahan.