Tathayyur, Budaya Jahiliyah yang Melekat di Masyarakat

Tathayyur budaya kaum jahiliyah. (Foto: Net)

MOESLIM.ID | Tathayyur atau thiyarah adalah menebak apa yang akan terjadi di masa depan dengan perantara burung, atau mengundi nasib berdasarkan gerak-gerik binatang, seperti burung dan lainnya.

Budaya jahiliyah dahulu, jika akan berpergian atau melakukan sesuatu, atau ketika keluar dari rumah, mereka terlebih dahulu memperhatikan binatang yang melintas di hadapan mereka. Binatang yang sering dijadikan pegangan ialah burung.

Jika binatang itu melintas dari arah kiri ke kanan mereka, menurut mereka hal itu pertanda perjalanan dan rencananya akan sukses, maka mereka pun melanjutkan perjalanan dan rencananya. Dan jika binatang tersebut melintas sebaliknya, maka ini pertanda sial akan merintangi mereka, sehingga mereka pun tidak melanjutkan perjalanannya.

Baca Juga:  Benarkah Ada Perintah Hadits Menuntut Ilmu ke Negeri China?

Hal ini bertentangan dengan akal sehat, apalagi dengan aqidah Islam. Karena binatang bergerak tanpa pertimbangan akal, dan tidak pula ditugaskan Allah untuk memberitahukan hal-hal yang ghaib kepada manusia.

Melakukan atau meninggalkan sebuah perbuatan karena faktor gerak-gerik binatang sebagai ukuran baik dan buruk adalah perbuatan syirik. Karena telah menggantungkan harapan kepada selain Allah Subhanahu wa Ta’ala.