Sekilas Sejarah Hamas ‘Gerakan Perlawanan Islam’

Sejarah Hamas 'Gerakan Perlawanan Islam'. (Foto: Net)

MOESLIM.ID | Hamas adalah akronim dari Harakat Al Muqawwamatul Islamiyyah yang memiliki arti “Gerakan Perlawanan Islam” adalah gerakan Islam Sunni dan nasionalisme Palestina yang menentang pendudukan Zionis di wilayah tersebut.

Gerakan ini percaya bahwa kebangkitan mereka adalah titik masuk utama untuk tujuannya “membebaskan seluruh Palestina dari sungai ke laut”.

Asal muasal Hamas dapat ditelusuri hingga berdirinya Ikhwanul Muslimin di Mesir pada tahun 1928. Ikhwanul Muslimin muncul sebagai upaya untuk memperluas nilai-nilai Islam melampaui masjid ke ranah sekuler, yang menantang asumsi-asumsi inti, sosial, politik, ideologi, nasionalis dan ekonomi dari tatanan penguasa yang ada.

Baca Juga:  Al Mahdi Muncul Jelang Hari Kiamat Dengan Membawa Keadilan

Pada tahun 1935 ia menjalin kontak di Mandatori Palestina dan pada tahun 1945 meresmikan cabang pertamanya di Yerusalem, dan di Gaza pada akhir November tahun berikutnya.

Setelah Nakba pada tahun 1948, yang menghancurkan masyarakat Palestina, Ikhwanul Muslimin adalah salah satu organisasi pertama yang membangun kembali dirinya di kalangan masyarakat Palestina.