Subhanallah! Inilah Manfaat Luar Biasa Dari Keluarnya Darah Haid

MOESLIM.ID | Dalam Islam, perempuan berumur sekitar 12-14 tahun yang mengeluarkan darah haid atau menstruasi menandakan perempuan tersebut telah baligh. Perempuan yang baligh kemudian disebut mukalaf (orang yang dibebani). Artinya, perempuan tersebut telah memiliki kewajiban untuk melaksanakan shalat, puasa, zakat, dan Haji jika mampu.

Haid atau menstruasi merupakan siklus bulan yang dialami kaum hawa sebelum mengalami menopause. Terkadang sebelum atau saat haid datang, seseorang mengalami PMS (premenstrual syndrome) yang begitu menyiksa seperti kram perut, mudah tersinggung, muntah bahkan hingga pingsan. Sehingga tak jarang ada perempuan yang takut jika haid akan datang.

Baca Juga:  Guru MAN 2 Kota Palu Raih Beasiswa Boursier Perancis

Namun, haid juga memiliki manfaatnya tersendiri yang sangat besar bagi perempuan. Berikut ulasannya:

1. Sinkronisasi Tubuh

Perempuan yang mendapatkan haid setiap bulannya merupakan bukti bahwa tubuhnya melakukan sesuatu yang seharusnya dilakukan. Hal ini berarti tubuh berada dalam kondisi sinkron dan merupakan salah satu indikator kesehatan yang baik.

2. Tanda Tubuh yang Positif

Haid setiap bulan merupakan cara alami untuk mengatakan bahwa seseorang tidak terlalu gemuk dan tidak terlalu kurus. Hal ini karena, jika seseorang memiliki tubuh yang gemuk akan menyebabkan menstruasi tidak teratur, kondisi ini akibat adanya lemak yang terakumulasi. Selain itu tubuh yang terlalu kurus juga bisa membuat haid tidak teratur.

Baca Juga:  Hari Arafah, Banyak Manusia Dibebaskan Dari Api Neraka

3. Hidup Lebih Lama dan Bahagia

Penelitian menunjukkan bahwa perempuan lebih sering berusia panjang ketimbang pria. Kondisi ini karena adanya zat besi yang hilang saat haid.

4. Membersihkan Tubuh

Haid yang datang setiap sebulan sekali bisa membantu melepaskan bakteri dari sistem reproduksi dan memungkinkan tubuh untuk menghilangkan kelebihan zat besi, sehingga dapat menurunkan risiko alzheimer, penyakit jantung dan stroke.

5. Membuat Penampilan Lebih Baik

Sebagian besar perempuan tahu bahwa PMS bisa mendatangkan efek buruk seperti kembung, jerawat, kelelahan atau payudara yang sakit. Tapi biasanya setelah haid datang dan berakhir, maka seseorang akan merasa lebih baik dan nyaman. Perubahan hormonal yang terjadi akan memberikan efek yang signifikan setelah haid berlangsung sekitar 3-4 hari.

Baca Juga:  Wahai Muslim! Inilah 4 Keberkahan Hari Jum'at

Demikian manfaat yang luar biasa dari haid, dan tentunya Allah Subhanahu wa Ta’ala yang Maha Bijaksana dalam menetapkan setiap kehendak-Nya.(bbs)