Tiga Tingkatan Islam, Mana yang Paling Sempurna?

Tiga tingkatan Islam, mana yang paling sempurna?. (Foto: Net)

MOESLIM.ID | Prinsip agama Islam yang wajib diketahui dan diamalkan oleh setiap muslim ada tiga, yaitu mengenal Allah Subhanahu wa Ta’ala, mengenal agama Islam beserta dalil-dalilnya, dan mengenal Nabi-Nya yaitu, Muhammad Shallallahu alaihi wa sallam.

Mengenal agama Islam adalah landasan yang kedua dari prinsip agama ini dan padanya terdapat tiga tingkatan, yaitu Islam, Iman dan Ihsan. Setiap tingkatan mempunyai rukun-nya masing-masing.

Tingkatan Pertama: Islam

Islam memiliki lima rukun, yaitu:

  1. Bersaksi bahwa tidak ada ilah yang berhak diibadahi dengan benar melainkan hanya Allah Subhanahu wa Ta’ala, dan bersaksi bahwa Nabi Muhammad Shallallahu alaihi wasallam adalah utusan Allah.
  2. Menegakkan shalat.
  3. Membayar zakat.
  4. Puasa di bulan Ramadhan.
  5. Menunaikan haji ke Baitullah bagi yang mampu menuju ke sana.

Rasulullah Shallallahu alaihi wasallam bersabda;

اْلإِسْلاَمُ أَنْ تَشْهَدَ أَنْ لاَ إِلهَ إِلاَّ اللهُ وَأَنَّ مُحَمَّداً رَسُوْلُ اللهِ، وَتُقِيْمَ الصَّلاَةَ، وَتُؤْتِيَ الزَّكاَةَ، وَتَصُوْمَ رَمَضَانَ، وَتَحُجَّ الْبَيْتَ إِنِ اسْتَطَعْتَ إِلَيْهِ سَبِيْلاً.

“Islam itu adalah engkau bersaksi bahwa tidak ada ilah yang berhak diibadahi dengan benar melainkan hanya Allah dan bahwa Muhammad adalah utusan Allah, menegakkan shalat, membayar zakat, berpuasa di bulan Ramadhan dan menunaikan haji ke Baitullah jika engkau mampu menuju ke sana.” (HR. Muslim no. 8, Ahmad: I/27, dan lainnya)

Tingkatan Kedua: Iman

Iman mencakup perkataan dan perbuatan, yaitu meyakini dengan hati, mengikrarkan dengan lisan dan mengamalkan dengan anggota badan, dapat bertambah dengan ketaatan dan dapat berkurang dengan sebab perbuatan dosa dan maksiat. Iman juga memiliki beberapa tingkatan.