Mengenal Vaksin Zifivax yang Dinyatakan Halal oleh MUI

Ilustrasi Vaksin Zifivax. (news.detik.com)

MOESLIM.ID | Jakarta – Vaksin Zifivax bakal digunakan untuk program vaksinasi COVID-19. Majelis Ulama Indonesia (MUI) juga sudah mengeluarkan fatwa halal untuk vaksin Zifivax. Artinya, MUI meyakini vaksin ini aman dan halal, sehingga bisa digunakan oleh masyarakat Indonesia khususnya yang beragama Islam.

Badan Pengawasan Obat dan Makanan (BPOM) pun sudah mengeluarkan Emergency Use Authorization (EUA) untuk vaksin Zifivax. EUA dikeluarkan pada 7 Oktober 2021 dan pemegang izinnya adalah PT Jakarta Biopharmaceutical Industry (JBio).

Karena sudah mengantongi izin MUI dan BPOM, tahun ini ada 50 juta dosis vaksin Zifivax yang dikirimkan ke Indonesia. Lalu apa itu vaksin Zifivax? detikcom sudah merangkum informasi terkini yang perlu disimak.

MUI sudah mengeluarkan fatwa halal untuk vaksin Zifivax. MUI mengklaim vaksin ini aman dan halal digunakan, sebagaimana tertuang dalam fatwa MUI Nomor 53 Tahun 2021 Tentang Produk Vaksin COVID-19 dari Anhui China.

Ketua MUI Bidang Fatwa MUI Asrorun Niam Sholeh menyatakan, sebelum akhirnya vaksin Zifivax dinyatakan aman juga halal, vaksin ini sudah melalui beberapa tahap pemeriksaan. MUI melakukan rapat internal yang melibatkan tim auditor juga expert meeting.

Dalam memberikan izin vaksin Zifivax, MUI tak hanya melakukan rapat internal. Sebelum menetapkan kehalalan vaksin, Asrorun menyatakan vaksin Zifivax sudah melalui pemeriksaan dokumen ataupun pemeriksaan kunjungan lapangan.