Inilah Tiga Jenis Pernikahan Yang Dilarang Dalam Islam

Tiga jenis pernikahan yang dilarang dalam Islam. (Foto: Detik.com)

MOESLIM.ID | Nikah artinya adalah terkumpul dan menyatu. Menurut istilah lain akad nikah mengharuskan perhubungan antara sepasang manusia yang diucapkan oleh kata-kata yang ditujukan untuk melanjutkan ke pernikahan, sesuai peraturan yang diwajibkan oleh Islam.

Kata zawaj digunakan dalam Al Quran artinya adalah pasangan yang dalam penggunaannya pula juga dapat diartikan sebagai pernikahan, Allah Subhanahu wa Ta’ala menjadikan manusia itu saling berpasangan, menghalalkan pernikahan dan mengharamkan zinah.

Berikut ini tiga jenis pernikahan yang dilarang dalam agama Islam;

1. Nikah Syighar

Nikah Syighar adalah seseorang menikahkan orang lain dengan anak perempuannya, saudara perempuannya atau selain dari keduanya yang masih dalam perwaliannya dengan syarat ia, anaknya atau anak saudaranya juga dinikahkan dengan anak perempuan, saudara perempuan atau anak perempuan dari saudara orang yang dinikahkan tersebut.

Baca Juga:  Hukum Jual Beli Dengan Sistem Urbun (Uang Muka)

Pernikahan seperti ini tidaklah sah (rusak), baik dengan menyebutkan mahar ataupun tidak. Karena Rasulullah Shallallahu alaihi wa sallam telah melarang keras hal tersebut.

Rasulullah Shallallahu alaihi wasallam bersabda:

لاَ شِغَارَ فِي اْلإِسْلاَمِ

“Tidak ada nikah syighar dalam Islam.” (HR. Muslim, no. 1415)