Pemerintah Saudi Percepat Megaproyek Selama Pandemi Covid-19

Ilustrasi pembangunan Masjidil Haram di Mekah. (Foto: Net)

Dia juga menjelaskan bahwa jemaah haji asing belum memiliki kesempatan untuk merasakan fasilitas lain yang telah selesai sebelum pandemi melanda dan dapat berharap untuk melakukannya ketika mereka berkunjung.

Ini termasuk Terminal 1 baru Bandara Internasional King Abdulaziz yang dibuka pada September 2019 dan stasiun Kereta Cepat Haramain yang dibuka pada Desember 2019.

Direktur pelaksana mengatakan bahwa meskipun sebagian besar tamu yang saat ini menginap di hotel yang dia kelola adalah peziarah domestik, peziarah Inggris dan Eropa juga mulai mengunjungi Makkah.

Baca Juga:  Belum Mampu Pergi Haji, Sebaiknya Umrah Dahulu

“Peziarah Inggris sudah mulai berdatangan dan menginap di hotel kami. Mereka adalah kelompok kecil tetapi kami bertujuan untuk meningkatkan volume. Kami juga berharap dapat segera menampung jemaah haji dari Indonesia, Mesir, Turki, dan negara lainnya,” ujarnya.

Kerajaan mengizinkan masuknya jemaah umrah asing yang divaksinasi pada bulan Agustus dan dua masjid suci mulai beroperasi dengan kapasitas penuh pada bulan Oktober.

“Kami bertujuan untuk menampung jumlah jemaah yang serupa dengan level 2019 atau kurang dari itu sebesar 10-15 persen: angka 2019 adalah tolok ukur bagi kami,” kata Al-Shahrani.

Baca Juga:  Kisah Pemuda Magelang Berangkat Haji Naik Sepeda Onthel