Lima Tips Agar Puasa Tetap Sehat Selama Bulan Ramadan

Ilustrasi minum air putih saat berbuka puasa. (Foto: halodoc.com)

MOESLIM.ID | Saum atau puasa bagi orang Islam adalah menahan diri dari makan dan minum serta segala perbuatan yang bisa membatalkan puasa, mulai dari terbit fajar hingga terbenam matahari, dengan syarat tertentu, untuk meningkatkan ketakwaan seorang muslim.

Perilaku hidup sehat di bulan Ramadan harus dilakukan demi kualitas kesehatan yang lebih baik. Berikut perilaku hidup sehat di bulan Ramadhan agar tetap sehat;

1. Minum Delapan Gelas Air Mineral

Tidak ada perbedaan jumlah asupan air minum yang dibutuhkan tubuh saat berpuasa. Dianjurkan untuk tetap minum 8 gelas air mineral setiap hari. Kita perlu menjaga asupan gizi seimbang termasuk mineral yang memang dibutuhkan oleh tubuh, tetapi tidak dapat diproduksi di dalam tubuh.

Baca Juga:  Tips Agar Mendapatkan Syafaat di Hari Kiamat

Pola minum air selama puasa dapat dilakukan pembagian 2-4-2, yaitu 2 gelas saat berbuka, 4 gelas antara buka dan sahur, dan 2 gelas lagi saat sahur. Ajak keluarga ikuti pola minum ini dan berikan juga contoh kepada si Kecil.

Selain pentingnya memenuhi kebutuhan hidrasi tubuh, Ibu juga perlu perhatikan kualitas air minum di rumah, karena tidak semua air itu sama. Pastikan sumber air dan proses pengolahan airnya, karena dua hal tersebut yang menentukan kualitas air minum.

Baca Juga:  Tips Tidur yang Baik dan Sehat Ala Rasulullah