Lima Tips Agar Puasa Tetap Sehat Selama Bulan Ramadan

Ilustrasi minum air putih saat berbuka puasa. (Foto: halodoc.com)

4. Tetap Berolahraga

Tetap berolahraga adalah salah satu tips puasa sehat yang sebaiknya tidak dilewatkan. Tentunya ibu dan keluarga lebih leluasa mengatur waktu berolahraga selama puasa di rumah. Hindari olahraga yang berjenis endurance (daya tahan fisik) dan yang berkenaan dengan kecepatan, karena bisa menguras energi.

Cukup lakukan aktivitas fisik yang ringan, seperti yoga, jalan kaki, maupun stretching. Saat melakukan olahraga, jangan lupa perhatikan apakah tubuh mampu melanjutkannya atau tidak.

5. Tidur yang Cukup

Baca Juga:  Baca Do'a Ini Ketika Terbangun di Malam Hari, Pasti Diijabah

Selain menerapkan cara-cara yang disebutkan di atas, lengkapi tips puasa sehat Ibu dan keluarga dengan cukup tidur. Setidaknya orang dewasa perlu memenuhi 8 jam waktu tidur setiap malamnya. Sistem imun dapat bekerja dengan baik ketika cukup tidur.

Sama halnya seperti di kantor, seseorang butuh konsentrasi yang baik ketika sedang bekerja di rumah saja. Kualitas tidur yang cukup dapat meningkatkan konsentrasi, cara berpikir, produktivitas, dan performa fisik.

Maka itu, Ibu dan keluarga perlu cukup tidur selama puasa agar lebih siap menjalankan kegiatan pada keesokan harinya.(*)

Baca Juga:  Tips Agar Mendapatkan Syafaat di Hari Kiamat